Pendidikan Karakter dengan Pasabara
+ Posted by Abdul BasyidRabu, 28 Oktober 2015 | 08:27 WIB Comments (0)dilihat (966)

           

 Orang tua sekarang ini harus arif dan bijaksana ketika melihat perubahan prilaku generasi muda sekarang ini. Banyak perilaku pelajar sekarang yang aneh-aneh dan itu jauh dari yang diharapkan orang tua. Berbagai langkah preventif dan strategi telah dilakukan oleh orang tua agar investasi ilmu dan penanaman ahklak telah dilakukan kepada anak-anaknya tidak sampai mubazir dikelak kemudian hari.

Persoalan memudarnya budaya adi luhung bangsa dalam diri anak bangsa serta lemahnya penanaman pendidikan karakter bagi pelajar di sekolah sekarang kini. menjadi isu sentral di tengah - tengah masyarakat Indonesia. Berbagai sorotan yang menyoal lemahnya penanaman pendidikan karakter bagi siswa banyak tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dialog, atau gelar wicara di berbagai media elektronik. Bahkan para pemuka agama pun, para ahli dan para pengamat pendidikan juga ikut berkomentar mengenai persoalan penting menanamkan budaya dan karakter bangsa sejak bangku sekolah.

Keseriusan masyarakat dalam memandang pentingnya pendidikan budaya dan karakter bangsa bagi siswa SMA, maka menjadikan inisiatif SMA N 1 Kaliwungu pada tahun pelajaran 2014 / 2015 membuka 25 kegiatan pilihan ekstrakurikuler.

Diantara 25 cabang ekstrakurikuler yang menjadi penekanan dalam pembentukan budaya dan karakter bangsa adalah ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera ( Pasabara ).          Ekstrakurikuler memang ini sudah berlangsung 6 tahun. Dan setiap tahunnya selalu banyak peminatnya. Ekstrakurikuler pasabara mempunyai 2 target yakni menyiapkan calon pengibar bendera tingkat kabupaten dan juga siap menjadi pelopor ketertiban di sekolah.

Materi yang diajarkan di ekstrakurikuler pasabara adalah PBB, TUB, Kedisiplinan, dan game-game patriotisme. Dalam seminggu latihan dilakukan dua kali yakni Selasa dan Sabtu. Pelaksanaan ekstra pasabara harus selaras dengan fungsi dan tujuan pendidikan karakter. Berikut ini fungsi dan tujuan Pendidikan Karakter bagi anak didik kita :

  1. Fungsi Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

     Fungsi pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah:

  1. Pengembangan: pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku  

         baik; ini bagi peserta didik yang telah memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan

         budaya dan karakter bangsa;

  1. Perbaikan: memperkuat kiprah pendidikan nasional untuk bertanggung jawab dalam

         pengembangan potensi peserta didik yang lebih bermartabat; dan

  1. Penyaring: untuk menyaring budaya bangsa sendiri dan budaya bangsa lain yang tidak  

         sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang bermartabat.

  1. Tujuan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

     Tujuan pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah:

  1. Mengembangkan potensi kalbu/nurani/afektif peserta didik sebagai manusia dan

         warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa;

  1. Mengembangkan kebiasaan dan perilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan

         nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius;

  1. Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai generasi

         penerus bangsa;

  1. Mengembangkan kemampuan peserta didik menjadi manusia yang mandiri, kreatif,

         berwawasan kebangsaan; dan

  1. Mengembangkan lingkungan kehidupan sekolah sebagai lingkungan belajar yang aman,          

         jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan  

         penuh kekuatan (dignity).

Nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Ekstrakurikuler Pasabara

         Ada lima belas pendidikan budaya dan karakter yang terdapat ekstrakurikuler pasabara:

Nilai

Diskrpsi

1. Cinta Tanah Air

 

Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan

kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa.

2. Semangat

   Kebangsaan

 

Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas

kepentingan diri dan kelompoknya

3. Disiplin

 

Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan

4. Kerja Keras

 

Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya

5. Toleransi

 

Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang

berbeda dari dirinya

6 Demokratis

 

Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.

7. Tanggung-jawab

 

Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas

dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa

8. Bersahabat/

   Komuniktif

Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.

9. Cinta Damai

.

Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang

lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.

10. Kreatif

 

Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara

atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.

11. Mandiri

 

Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas

12. Menghargai  

       Prestasi

 

Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk

menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan

mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.

13. Religius

Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan dengan pemeluk agama yang lain.

14. Jujur

 

Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya

sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.

15. Peduli Sosial

.

Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan

Abdul Basyid, S.Pd

Pembina OSIS SMA N 1 Kaliwungu

SMA N 1 Kaliwungu :

 

Komentar (0)


Komentar