Orang tua sekarang ini harus arif dan bijaksana ketika melihat perubahan prilaku generasi muda sekarang ini. Banyak perilaku pelajar sekarang yang aneh-aneh dan itu jauh dari yang diharapkan orang tua. Berbagai langkah preventif dan strategi telah dilakukan oleh orang tua agar investasi ilmu dan penanaman ahklak telah dilakukan kepada anak-anaknya tidak sampai mubazir dikelak kemudian hari.
Persoalan memudarnya budaya adi luhung bangsa dalam diri anak bangsa serta lemahnya penanaman pendidikan karakter bagi pelajar di sekolah sekarang kini. menjadi isu sentral di tengah - tengah masyarakat Indonesia. Berbagai sorotan yang menyoal lemahnya penanaman pendidikan karakter bagi siswa banyak tertuang dalam berbagai tulisan di media cetak, wawancara, dialog, atau gelar wicara di berbagai media elektronik. Bahkan para pemuka agama pun, para ahli dan para pengamat pendidikan juga ikut berkomentar mengenai persoalan penting menanamkan budaya dan karakter bangsa sejak bangku sekolah.
Keseriusan masyarakat dalam memandang pentingnya pendidikan budaya dan karakter bangsa bagi siswa SMA, maka menjadikan inisiatif SMA N 1 Kaliwungu pada tahun pelajaran 2014 / 2015 membuka 25 kegiatan pilihan ekstrakurikuler.
Diantara 25 cabang ekstrakurikuler yang menjadi penekanan dalam pembentukan budaya dan karakter bangsa adalah ekstrakurikuler pasukan pengibar bendera ( Pasabara ). Ekstrakurikuler memang ini sudah berlangsung 6 tahun. Dan setiap tahunnya selalu banyak peminatnya. Ekstrakurikuler pasabara mempunyai 2 target yakni menyiapkan calon pengibar bendera tingkat kabupaten dan juga siap menjadi pelopor ketertiban di sekolah.
Materi yang diajarkan di ekstrakurikuler pasabara adalah PBB, TUB, Kedisiplinan, dan game-game patriotisme. Dalam seminggu latihan dilakukan dua kali yakni Selasa dan Sabtu. Pelaksanaan ekstra pasabara harus selaras dengan fungsi dan tujuan pendidikan karakter. Berikut ini fungsi dan tujuan Pendidikan Karakter bagi anak didik kita :
Fungsi pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah:
baik; ini bagi peserta didik yang telah memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan
budaya dan karakter bangsa;
pengembangan potensi peserta didik yang lebih bermartabat; dan
sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang bermartabat.
Tujuan pendidikan budaya dan karakter bangsa adalah:
warganegara yang memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa;
nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius;
penerus bangsa;
berwawasan kebangsaan; dan
jujur, penuh kreativitas dan persahabatan, serta dengan rasa kebangsaan yang tinggi dan
penuh kekuatan (dignity).
Nilai-nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Ekstrakurikuler Pasabara
Ada lima belas pendidikan budaya dan karakter yang terdapat ekstrakurikuler pasabara:
Nilai |
Diskrpsi |
1. Cinta Tanah Air
|
Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya,ekonomi, dan politik bangsa. |
2. Semangat Kebangsaan
|
Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya |
3. Disiplin
|
Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan |
4. Kerja Keras
|
Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya |
5. Toleransi
|
Sikap dan tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya |
6 Demokratis
|
Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain. |
7. Tanggung-jawab
|
Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan,terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam,sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa |
8. Bersahabat/ Komuniktif |
Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain. |
9. Cinta Damai . |
Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya. |
10. Kreatif
|
Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki. |
11. Mandiri
|
Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas |
12. Menghargai Prestasi
|
Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain. |
13. Religius |
Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan dengan pemeluk agama yang lain. |
14. Jujur
|
Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan. |
15. Peduli Sosial . |
Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan |
Abdul Basyid, S.Pd
Pembina OSIS SMA N 1 Kaliwungu
SMA N 1 Kaliwungu :
Komentar