Struktur Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu disusun agar sekolah memiliki pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran dan pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Oleh sebab itu pengembangan Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu memperhatikan unsur-unsur sebagai berikut :
1. Peningkatan Iman dan Taqwa serta akhlak mulia
Keimanan dan ketakwaan serta akhlak mulia menjadi dasar pembentukan kepribadian peserta didik secara utuh. Kurikulum yang disusun memungkinkan semua mata pelajaran dapat menunjang peningkatan iman dan taqwa serta akhlak mulia. Khusus untuk peningkatan keimanan dan ketaqwaan ini di SMA Negeri 1 Kaliwungu dilaksanakan juga program pendalaman agama Islam yang diisi dengan kegiatan pengajian, akhlak dan budi pekerti, pembiasaan sholat dhuhur berjamaah dan sholat Jum’at bagi siswa putra, dan kajian rohani bagi siswa non muslim. Selain itu peringatan hari-hari besar keagamaan dilaksanakan dengan mengundang penceramah yang kompeten atau memanfaatkan warga sekolah juga melaksanakan qurban dan bantuan sosial terhadap warga sekitar sekolah yang kurang mampu dengan anggaran yang direncanakan di RKAS.
2. Peningkatan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik. Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu disusun dengan memperhatikan keragaman potensi, minat, kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan kinestetik peserta didik agar dapat berkembang secara optimal sesuai dengan tingkat perkembangannya yang mencakup domain sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
3. Keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan daerah Kendal memiliki keragaman potensi, kebutuhan, tantangan, dan keragaman karakteristik lingkungan, oleh karena itu kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu memuat keragaman tersebut untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan daerah, terutama dalam bidang Seni dan peduli lingkungan, serta keterampilan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan.
4. Tuntutan pembangunan daerah dan nasional
Pengembangan kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu memperhatikan keseimbangan tuntutan pembangunan daerah dan nasional yang ditunjukkan dengan adanya Mulok Bahasa Jawa, merupakan kebutuhan dan ciri khas Jawa Tengah akan tetapi tidak melupakan kebutuhan Nasional dan global.
5. Tuntutan dunia kerja
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu harus memuat kecakapan hidup untuk membekali peserta didik memasuki dunia kerja sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan kebutuhan dunia kerja, khususnya bagi mereka yang tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.
6. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu dikembangkan secara berkala dan berkesinambungan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, serta perubahan kurikulum yang berlaku.
7. Agama
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu dikembangkan untuk meningkatkan toleransi dan kerukunan umat beragama dan memperhatikan norma agama yang berlaku di lingkungan sekolah sesuai dengan kompetensi Inti yang diharapkan.
8. Dinamika perkembangan global
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu dikembangkan agar peserta didik mampu bersaing secara global dan dapat hidup berdampingan dengan bangsa lain dengan membekali peserta didik dengan sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan minatnya, agar mereka mampu mengembangkannya secara mandiri di dunia nyata/kehidupan sehari-hari.
9. Penerapan kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan penilaian autentintik dengan mancakup domain sikap, pengetahuan dan keterampilan.
10. Pengembangan kegiatan ekstra kurikuler yang dapat mengembangkan potensi diri peserta didik, serta pengembangan kegiatan kepramukaan sebagai ekstra kurikuler wajib yang harus diikuti.
11. Persatuan nasional dan nilai-nilai kebangsaan
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu dikembangkan mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasional untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
12. Kondisi sosial budaya masyarakat setempat
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik sosial budaya masyarakat setempat dan menunjang kelestarian keragaman budaya
13. Kesetaraan Gender
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu diarahkan kepada pendidikan yang berkeadilan dan mendorong tumbuhkembangnya kesetaraan gender
14. Karakteristik satuan pendidikan
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu dikembangkan sesuai dengan visi, misi, tujuan, kondisi dan ciri khas satuan pendidikan.
15. Integrasi Nilai-nilai Karakter Bangsa
Kurikulum SMA Negeri 1 Kaliwungu dikembangkan dengan mengitegrasikan nilai-nilai karakter bangsa dalam dokumen dan implementasinya baik dalam pembelajaran di kelas maupun dalam kehidupan sekolah ataupun dalam lingkungan kehidupan di luar sekolah.
Pada tahun pelajaran 2020/2021 SMA Negeri 1 Kaliwungu menyelenggarakan pembelajaran dua Peminatan di Kelas X ( MIPA dan IPS), dua Peminatan di Kelas XI ( MIPA dan IPS) dan dua Peminatan di Kelas XII (MIPA dan IPS). Adapun Struktur Kurikulum yang berlaku di SMA Negeri 1 Kaliwungu adalah sebagai berikut :
Kelas X Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
STRUKTUR PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) |
|
||||
|
|||||
A. Kelompok Wajib |
SMT-1 |
SMT-2 |
|
||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
||
2 |
PPKn |
2 |
2 |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
||
4 |
Matematika |
4 |
4 |
||
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
||
6 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
B. Wajib |
|
||||
1 |
Seni Budaya |
2 |
2 |
||
2 |
Penjasorkes |
3 |
3 |
||
3 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
||
4 |
Bahasa Jawa |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
C. Peminatan |
|
||||
1 |
Matematika |
3 |
3 |
||
2 |
Biologi |
3 |
3 |
||
3 |
Fisika |
3 |
3 |
||
4 |
Kimia |
3 |
3 |
||
|
|
|
|
||
D. Mata Pelajaran Lintas Minat |
|
|
|||
1 |
Bahasa dan Sastra Jepang |
3 |
3 |
||
2 |
Ekonomi |
3 |
3 |
||
|
|
|
|||
|
JUMLAH |
44 |
44 |
Kelas X Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
STRUKTUR PEMINATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
|
||||
|
|||||
A. Kelompok Wajib |
SMT-1 |
SMT-2 |
|
||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
||
2 |
PPKn |
2 |
2 |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
||
4 |
Matematika |
4 |
4 |
||
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
||
6 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
B. Wajib |
|
||||
1 |
Seni Budaya |
2 |
2 |
||
2 |
Penjasorkes |
3 |
3 |
||
3 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
||
4 |
Bahasa Jawa |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
C. Peminatan |
|
||||
1 |
Geografi |
3 |
3 |
||
2 |
Sejarah |
3 |
3 |
||
3 |
Sosiologi |
3 |
3 |
||
4 |
Ekonomi |
3 |
3 |
||
|
|
|
|
||
D. Mata Pelajaran Lintas Minat |
|
|
|||
1 |
Bahasa dan Sastra Jepang |
3 |
3 |
||
2 |
Kimia |
3 |
3 |
||
|
|
|
|
||
|
JUMLAH |
44 |
44 |
Kelas XI Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
STRUKTUR PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) |
|
||||
|
|||||
Kelompok Wajib |
SMT-1 |
SMT-2 |
|
||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
||
2 |
PPKn |
2 |
2 |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
||
4 |
Matematika |
4 |
4 |
||
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
||
6 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
||
Wajib |
|
||||
1 |
Seni Budaya |
2 |
2 |
||
2 |
Penjasorkes |
3 |
3 |
||
3 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
||
4 |
Bahasa Jawa |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
Peminatan |
|||||
1 |
Matematika |
4 |
4 |
||
2 |
Biologi |
4 |
4 |
||
3 |
Fisika |
4 |
4 |
||
4 |
Kimia |
4 |
4 |
||
|
|
|
|
||
Mata Pelajaran Lintas Minat |
|||||
1 |
Geografi |
4 |
4 |
||
|
JUMLAH |
46 |
46 |
Kelas XI Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
STRUKTUR PEMINATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
|
||||
|
|||||
A. Kelompok Wajib |
SMT-1 |
SMT-2 |
|
||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
||
2 |
PPKn |
2 |
2 |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
||
4 |
Matematika |
4 |
4 |
||
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
||
6 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
B. Wajib |
|
||||
1 |
Seni Budaya |
2 |
2 |
||
2 |
Penjasorkes |
3 |
3 |
||
3 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
||
4 |
Bahasa Jawa |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
C. Peminatan |
|
||||
1 |
Geografi |
4 |
4 |
||
2 |
Sejarah |
4 |
4 |
||
3 |
Sosiologi |
4 |
4 |
||
4 |
Ekonomi |
4 |
4 |
||
|
|
|
|
||
D. Mata Pelajaran Lintas Minat |
|
|
|||
1 |
Fisika |
4 |
4 |
||
|
JUMLAH |
46 |
46 |
Kelas XII Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA)
STRUKTUR PEMINATAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) |
|
||||
|
|||||
A. Kelompok Wajib |
SMT-1 |
SMT-2 |
|
||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
||
2 |
PPKn |
2 |
2 |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
||
4 |
Matematika |
4 |
4 |
||
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
||
6 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
||
B. Wajib |
|
||||
1 |
Seni Budaya |
2 |
2 |
||
2 |
Penjasorkes |
3 |
3 |
||
3 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
||
4 |
Bahasa Jawa |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
C. Peminatan |
|
||||
1 |
Matematika |
4 |
4 |
||
2 |
Biologi |
4 |
4 |
||
3 |
Fisika |
4 |
4 |
||
4 |
Kimia |
4 |
4 |
||
|
|
|
|
||
D. Mata Pelajaran Lintas Minat |
|
|
|||
1 |
Sosiologi |
4 |
4 |
||
|
JUMLAH |
46 |
46 |
Kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
STRUKTUR PEMINATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) |
|
||||
|
|||||
A. Kelompok Wajib |
SMT-1 |
SMT-2 |
|
||
1 |
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti |
3 |
3 |
||
2 |
PPKn |
2 |
2 |
||
3 |
Bahasa Indonesia |
4 |
4 |
||
4 |
Matematika |
4 |
4 |
||
5 |
Sejarah Indonesia |
2 |
2 |
||
6 |
Bahasa Inggris |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
B. Wajib |
|
||||
1 |
Seni Budaya |
2 |
2 |
||
2 |
Penjasorkes |
3 |
3 |
||
3 |
Prakarya dan Kewirausahaan |
2 |
2 |
||
4 |
Bahasa Jawa |
2 |
2 |
||
|
|
|
|
||
C. Peminatan |
|
||||
1 |
Geografi |
4 |
4 |
||
2 |
Sejarah |
4 |
4 |
||
3 |
Sosiologi |
4 |
4 |
||
4 |
Ekonomi |
4 |
4 |
||
|
|
|
|
||
D. Mata Pelajaran Lintas Minat |
|
|
|||
1 |
Biologi |
4 |
4 |
||
|
JUMLAH |
46 |
46 |
Komentar