SMANKA JUARA 1 SCIENCE TEKNOLOGI Tingkat Jawa Tengah
+ Posted by Eko TimoSenin, 28 Sepember 2015 | 04:16 WIB Comments (0)dilihat (1528)

Tidak hanya prestasi olah raga yang dimunculkan siswa siswi SMAN 1 Kaliwungu tetapi kali ini di Science dan Teknologi mengukir prestasi gemilang yang diraih oleh Pramuka. dalam ajang lomba teknologi terap guna dengan tema penerapan teknologi tepat guna di daerah pesisir yang diadakan di kota Jepara team putri Pramuka Ratna Mustika Titin Priyanti dan Sela Zazkia memperoleh juara 1, dengan membuat FIDRY MACHINE AUTOMATIC (FIsh DRY Machine Automatic) atau bisa disebut mesin automatic pembuat ikan asin.

Titin Priyanti dan Sela Zazkia menjelaskan bahwa ide pembuatan mesin ini berasal dari bagaimana meningkatkan pendapatan petani ikan asin yang drasakan kurang dari cukup. Setelah melakukan survey Titin wanita kelahiran 10 Maret 1999 dan Sela Zazkia wanita kelahiran 17 September 1998 ini menemukan bahwa pendapatan mereka kurang bagus karena proses pembuatan membutuhkan waktu berhari hari dan prosesnya tergantung dengan sinar matahari dan tidak bisa dilakukan malam hari, sedang saat musim penghujan para petani berpindah usaha sebagai buruh tani atau tenaga serabutan didaerah sekitar.

Berdasarkan Latar belakang itu maka Titin dan Sela panggilan akrab mereka, melakukan riset dan melakukan pembuatan mesin automatic pembuat ikan asin yang hanya butuh waktu sekitar 4 jam  dibawah bimbingan Eko Timo BP., S.Pt.

Menurut Eko Timo Bp., S.Pt. prinsip kerja mesin ini adalah ikan asin ditempatkan di rak dari bambu agar tidak gosong karena bambu bukan pengantar panas yang baik kemudian panas mesin dikontrol oleh thermostat pada suhu 680C agar panasnya merata mesin ini dilapisi alumunium voil, sedang pemanasnya agar hemat energi digunakan elemen pemanas magic jar jenis sabuk, timer digital digunakan untuk mematikan mesin secara otomatis ketika ikan asin sudah jadi.

Ka Gudep Bp. Heru Teguh P., S.Pd., M.Pd. sangat bangga dengan prestasi ini, dan beliau berkata, pramuka SMANKA tidak hanya berprestasi dalam kegiatan kepramukaan tetapi juga berprestasi dalam ajang Sains dan Teknologi.

Jayalah terus Adityawarman dan Ratna Mustika. terus ukir prestasi untuk bangsa dan negara

 

Komentar (0)


Komentar